Kamus SEO

  1. LSI
    kata yang masih memiliki relevansi dengan kata kunci utama, ex : buah aple -> buah aple merah, rasa atau aroma buah aple, rujak buah aple, aple malang. Lebih baik dalam satu kata kunci siapkan 3 LSI agar SEO

  2. Backlink Inbound link
    link yang mengarah ke homepage atau ke artikel anda. Dalam kata lain juga disebut backlink.

  3. Backlink outbound link
    link keluar yang menuju ke website orang lain, bagus nya 1 link outbound link yang mengarah ke arah website terkemuka setiap 500 sampai dengan 1000 kata.

  4. Anchor text
    sebuah text yang berformat link, dimana dapat menghasilkan inbound link atau pun outbond link, atau dapat di artikan text yang digunakan untuk menanamkan link.

5 Click through rate
sebuah istilah untuk menyebutkan persentase klik iklan yang terjadi per 1000 kali penayangan iklan. CTR juga sering kali disebut sebagai perbandingan dalam bentuk persentase, antara jumlah klik yang terjadi dengan jumlah impresi.

  1. Trust Flow
    kadar kepercayaan sebuah website dilihat dari kualitas backlink yang menuju website tersebut. Sedangkan Citation Flow adalah banyaknya link yang masuk ke sebuah website tanpa memperdulikan kualitas backlinknya.

  2. refering domain
    domain yang mempunyai backlink ke situs agan, satu referring domain bisa memiliki lebih dari satu backlink ke situs agan

  3. PBN / private blog network
    merupakan sekumpulan blog pribadi atau khusus dan rahasia dengan authority tinggi yang dibuat oleh praktisi SEO untuk mendongkrak SERP situs utama melalui backlink yang ditanam pada masing-masing blog tersebut.

  4. Alt Text
    Teks alternatif yang memiliki fungsi untuk memberitahu search engine mengenai suatu gambar. Alt text memiliki peranan penting untuk memunculkan blog atau website anda di google image.

  5. Anchor Text(Idem No.4)
    Sebuah teks atau tulisan yang terdapat pada sebuah halaman blog atau website, dimana teks tersebut didalamnya terdapat sebuah link yang bisa diklik dan mengarah ke sebuah halaman.

  6. Blackhat SEO
    Teknik optimasi mesin pencari yang bertentangan pedoman di google. Teknik ini biasanya dapat meranking sebuah website atau blog dengan cepat, tapi ketika google melakukan update algoritma pasti website atau blog tersebut akan terkena penalti.

  7. Broken Link
    Link yang berada dalam sebuah blog atau website yang sudah tidak valid atau mengalami kerusakan.

  8. Crawling
    Sebuah proses ketika Googlebot menemukan konten baru di website atau blog anda lalu konten tersebut akan ditambahkan agar dapat terindeks oleh Google.

  9. Domain Authority
    Sebuah metrik yang dipakai oleh MOZ untuk dapat memprediksi seberapa kuat sebuah nama domain. Secara umum, domain authority mempunyai perhitungan sendiri seperti jumlah link eksternal yang menuju domain, usia domain, jumlah konten yang terindeks google, dan lain-lain.

  10. Link Juice
    Kata ini dipopulerkan oleh seorang SEO Expert yaitu Greg Boser. Menurut dia link juice adalah sebuah link yang terdapat di dalam sebuah website, dimana link tersebut mempunyai peran ketika meningkatkan website yang sedang kita optimasi. Adapun tolak ukur link juice itu sendiri dapat dilihat dari seberapa populer website tempat kita menyimpan link.

  11. Google Dance
    Google dance adalah sebuah algoritma yang diciptakan google untuk menyusun ulang website atau blog yang berada di SERP. Jadi jangan heran jika website anda tiba-tiba turun jumlah visitornya dan jangan langsung men-judge jika website anda terkena penalti.

  12. Google Pagerank
    Google pagerank merupakan sebuah nilai metrik yang diberikan ke sebuah website, dimana nilai tersebut mempunyai arti tentang seberapa penting website anda menurut sudut pandang Google.

  13. Google Panda
    Sebuah nama algoritma google yang dibuat agar dapat menampilkan blog atau website yang berkualitas, memiliki konten yang original dan bukan hasil copy-paste. Pada intinya algoritma yang satu ini lebih menekankan kepada kualitas konten yang anda buat di website atau blog.

  14. Google Penguin
    Sebuah algoritma yang dirancang oleh Google untuk memberikan penalti kepada web atau blog yang terbukti melakukan pelanggaran aturan untuk memanipulasi SERP. Contohnya adalah melakukan link building secara berlebihan, keyword stuffing, cloacking, dan masih banyak lagi.

  15. Google Sandbox
    Sebuah penalti atau hukuman yang diberikan oleh google terhadap sebuah halaman website, dengan cara menurunkan posisi ranking halaman tersebut di SERP, Hal ini jelas akan sangat merugikan anda karena tidak akan mendapatkan trafik dengan kata kunci yang pernah anda optimasi.

  16. Google analytics
    Layanan google untuk mengukur dan menganalisa kunjungan user kesebuah website

  17. Page Authority
    Adalah sebuah hasil perhitungan metrik yang dikeluarkan oleh Moz untuk menilai seberapa baik sebuah halaman website. Perhitungan tersebut sangat erat kaitannya dengan peringkat website di halaman pencarian. Adapun yang menjadi indikator dari perhitungan metrik tersebut yakni perhitungan link yang masuk, nilai MozRank, MozTrust, dan masih faktor-faktor lainnya.

23.a. Redirect 301
Ini merupakan teknik yang cukup sering digunakan oleh para penggiat SEO. Adapun maksud dari pemakaian teknik ini adalah untuk menjaga URL yang tengah di optimasi tidak terkena penalti dari google. Secara umum, redirect 301 adalah mengalihkan secara permanen URL lama ke URL baru atau URL A ke URL B, dimana sekitar 90-99% link juice dari URL asal akan diarahkan ke URL baru.

23.b, Reciprocal link
Pertukaran link yang dilakukan oleh dua buah website dimana fungsinya agar bisa mendapatkan trafik yang menguntungkan diantara kedua belah pihak.

  1. Serp
    Serp merupakan sebuah singkatan dari search engine results page atau dalam bahasa Indonesianya yaitu halaman mesin pencari.

  2. Social Bookmark
    Sebuah website yang biasa digunakan untuk mengelola, menyimpan, serta membagikan URL yang dianggap penting.

  3. Whitehat SEO
    Teknik optimasi mesin pencari yang sesuai dengan pedoman google.

  4. Bounce Rate
    istilah yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak user yang hanya mengunjungi SATU halaman website kita. Bounce rate di ukur dalam persen. Semakin rendah nilainya, semakin bagus sebuah website. Sebagai contoh bounce rate website ini adalah 64% artinya jika ada 100 pengunjung, ada 64 orang yang langsung meninggakan website tanpa membuka artikel lain. Website dianggap berkualitas jika bounche ratenya dibawah 50%.

  5. Keyword Research
    adalah proses mencari kata kunci yang tepat untuk ditarget yaitu memiliki pencarian tinggi dengan persiangan serendah mungkin. Keyword Research ini adalah bagian terawal dari seo dan bisa sangat mempengaruhi hasil rank anda nantinya. Jika anda memilih keyword yang persaingannya medium keatas tapi blog anda masih relatif baru, ini adalah kesalahan yang sangat besar sekali. Hal ini akan mengakibatkan peluang blog anda rank tinggi di Search Engine hampir tidak ada karena persaingan yang terlalu kuat.

29.a Kompetitor
para pesaing kita dalam mengejar kata kunci yang ditarget Exact match types adalah tipe pencarian keyword yang akan menampilkan kata kunci yang ada pada title tanpa menambahkan keyword lain, hasil ini adalah yang paling relevan dan sering digunakan para blogger untuk riset kata kunci.

29.b. Monthly searches
adalah jumlah pencarian perbulan pada suatu keyword.

  1. PBN – Private Blog Network :
    PBN atau private blog network adalah sekumpulan blog/website milik sendiri yang tujuannya adalah memberi backlink ke blog utama dalam usaha meningkatkan ranking blog tersebut pada Search Engine

  2. Dofollow
    adalah jenis link yang poinnya akan diteruskan oleh google ke halaman yang dirujuknya.

  3. Nofollow
    adalah kebalikan dari Dofollow, yaitu google tidak akan meneruskan poin halamannya ke halaman yang dirujuk.

  4. Link Building
    adalah proses untuk membangun backlink yang akan diarahkan ke blog anda

  5. Footprint
    adalah catatan kaki yang anda masukkan ke query pencarian google untuk mencari blog-blog untuk dijadikan tempat menanam backlink.

  6. Keyword atau kata kunci
    adalah kata-kata utama yang ditekankan dalam sebuah halaman.
    Outbound link adalah link keluar yang ada di sebuah halaman ke halaman yang lain. Dalam mencari backlink, sebaiknya anda menanam backlink di tempat yang minim Outbound link.

  7. Social Bookmark
    adalah situs yang memperbolehkan kita mempublish dan membokmark artikel kita.

  8. Blog Comment
    adalah teknik mencari backlink dengan beromentar pada situs orang lain.

  9. One Way Backlink
    adalah backlink satu arah seperti melakukan backlink dari blog comment.

  10. Link baiting
    adalah backlink yang kita dapat secara gratis karena ada blogger yang sukarela menaruh link kita di blognya.

  11. Title Tag
    adalah kode yang mengatur tampilan judul halaman di bagian tab browser, biasanya kode ini diletakkan dibawah kode <head>.

41.a Crawl
adalah proses google untuk merayapi sebuah situs, semakin sering situs tersebut di crawl oleh google, maka semakin bagus blog itu di mata google.

41.b. Meta Description adalah meta yang menampilkan teks kalimat deskripsi pada halaman pencarian google.

  1. Relevansi
    adalah tingkat relevan atau kesamaan sebuah situs yang ditentukan oleh google sebagai penentu peringkat Search Engine.

Permalink
adalah url yang ada setelah url homepage, misalnya hxxp://wxw.republikseo .id/2017/04/pengertian-seo-search-engine.html, yang berwarna biru adalah permalink.

  1. Authority
    adalah penentuan ke otoritasan sebuah situs menurut google, semakin authoruty situs tersebut maka semakin bagus pula menurut google.

  2. Page Authority
    adalah otoritas sebuah halaman situs.

Domain Authority
adalah otoritas sebuah domain situs.

  1. Heading Tag
    adalah pemberian tag pada teks untuk memberitahu teks ini yang terpenting, lebih penting, kurang penting, dan sebagainya.

  2. Bold
    adalah mencetak tebal teks kata kunci yang dioptimasi.

Alt Tag
adalah memberi alt pada gambar untuk memberitahu google nama sebuah gambar, karena google sendiri tidak bisa mengcrawl gambar.

  1. Long Tail Keyword
    adalah kata kunci panjang yang berfungsi agar kita lebih mudah rank tinggi di google karena tingkat persaingan yang lebih sedikit.

  2. Hidden Text
    adalah teknik menyembunyikan link yang sebenarnya, biasanya warnanya akan disamakan dengan warna background.

  3. Cloacking
    adalah teknik membuat search engine menampilkan hasil yang tidak sama atau berbeda dengan hasil yang dilihat oleh pembaca atau pengunjung. Teknik ini adalah yang paling berat hukumannya jika diketahui oleh google, yaitu deindex.

  4. Penumpukan kata kunci adalah menaruh banyak kata kunci dalam satu halaman agar kata kuncinya dapat dicerna oleh google search engine.

  5. Link spam
    adalah menanam backlink di sembarang tempat, ini termasuk blackhat karena menurut google akan mengurangi kenyamanan sebuah halaman website.

  6. Sandbox

adalah waktu yang diperlukan sebuah situs untuk mencari kepercayaannya kembali terhadap google karena sudah kehilangan kepercayaan dan menghilang dari halaman index google.

  1. Honeymoon

adalah istilah untuk menggambarkan sebuah website yang bisa langsung berada di halaman satu google dalam beberapa saat, dan jika tidak dioptimisasi secara benar, posisi nya bisa saja akan berubah.

  1. Sidewide

adalah backlink yang muncul disemua halaman web, seperti backlink di blogroll atau footer.

  1. Backlink berupa blog komen, guest book, web 2.0, link profile atau submit artikel biasanya mudah ditiru dan diduplikasi.
  2. Sedangkan backlink yang berasal dari guest post, blogpost dan blogroll biasanya yang paling susah di duplikasi karena harus menghubungi owner web yang bersangkutan. Itupun jika anda tidak sial karena backlink dipasang di web property milik kompetitor itu sendiri.

  3. Istilah Lelang Di Forum adsense
    OB —> Open BID masgan

INC—> kalo setahu ane keliapatan buat ngebid-nya misal kelipatan 1$

BIN—> ente langsung nge-bid harga maksimal yang udah disetujui

  1. Blogroll
    mamasang backlink di widget jadi setiap halaman akan selalu tampil

  2. Fungsi backlink nofollow
    membuat natural sebagai perimbangan, bayangkan bila semua link Anda dofollow? Karena itu harus diberi beberapa porsi

Dan tetap terhitung. Nofollow adalah penambah verifikasi oleh Google. Anda semua tahu apa yang menyebabkan semua blogger berebut Link Nofollow dari Wikipedia, Academia atau HuffingtonPst kan

  1. Baclink Press Release
    itu adalah teknik backlink dengan menanam link di suatu artikel yg sifatnya sangat menjual, artinya benar benar mengajak pembaca untuk mengklik link di artikel tersebut. Lalu artikel yang berisi link ini disubmite ke situs2 press relase, situs press release biasanya dikopas otomatis oleh autoblog, lalu link yg ada didalamnya juga ikut dikopas. Katanya sih kalau buat blog masih baru punya efek yg sangat positif dan katanya ini tehnik terbilang aman. website tempat kita menaruh informasi kepada search engine bahwa kita punya situs baru, bagus untuk SEO karena di konten yang kita submit kita bisa menaruh link website

  2. Click Fraud
    Click Fraud adalah praktek ilegal memanipulasi Biaya-Per-Klik (BPK) atau Pay-Per-Click (PPC) perjanjian bagi hasil. Ada berbagai jenis penipuan klik, tetapi dalam skenario khas webmaster dari sebuah situs yang menghasilkan uang dari setiap klik dari link iklan yang menerbitkan membayar individu biaya yang kecil untuk mengklik link tersebut. Perusahaan sehingga membayar untuk iklan untuk klien yang tidak berniat membeli dari mereka. Beberapa perusahaan telah mengajukan gugatan class action menyatakan bahwa penerbit iklan seperti Google dan Yahoo! telah gagal untuk secara agresif menghadapi penipuan klik karena mereka mendapatkan keuntungan dari peningkatan pendapatan BPK.

  3. Cloaking
    Cloaking adalah presentasi dari halaman alternatif untuk Spider mesin pencari sehingga akan merekam isi yang berbeda untuk URL dari apa browser manusia akan melihat. Cloaking biasanya dilakukan untuk mencapai posisi mesin pencari yang lebih tinggi atau untuk mengelabui pengguna agar mengunjungi sebuah situs. Dalam kasus seperti cloaking dianggap Black Hat SEO dan URL menyinggung bisa Daftar Hitam. Namun, cloaking kadang-kadang digunakan untuk menyampaikan materi yang bersifat pribadi berdasarkan alamat IP browser dan / atau user-agent header HTTP. Cloaking tersebut hanya boleh dilakukan dengan pengetahuan mesin pencari atau bisa juga ditafsirkan sebagai cloaking topi hitam.

  4. Contextual Link Inventory (CLI)
    Search engine / jaringan periklanan menggunakan link kontekstual persediaan mereka untuk mencocokkan kata kunci yang relevan iklan teks link dengan konten situs. CLI dihasilkan didasarkan pada daftar halaman website dengan konten yang iklan-server dianggap cocok kata kunci yang relevan. Jaringan iklan lebih menyempurnakan CLI relevansi dengan memantau Klik-Melalui Rate dari iklan yang ditampilkan.

  5. Conversion
    Konversi adalah istilah yang digunakan untuk setiap tindakan yang signifikan pengguna mengambil saat mengunjungi sebuah situs, yaitu melakukan pembelian, meminta informasi, atau mendaftar untuk account.

  6. Conversion Analytics
    adalah cabang Analytics yang bersangkutan secara khusus dengan informasi terkait konversi dari lalu lintas mesin pencari organik dan berbayar, seperti kata kunci mengkonversi digunakan dalam permintaan mereka, jenis konversi yang dihasilkan, arahan path halaman, mesin pencari yang digunakan, dll

  7. Conversion Rate
    adalah langkah berikutnya dari Klik-Melalui Rate. Ini adalah persentase dari semua pengunjung situs yang “mengubah” (melakukan pembelian, daftar, permintaan informasi, dll). Jika tiga pengguna membeli produk dan satu permintaan pengguna katalog dari sepuluh pengunjung harian, tingkat konversi sebuah situs adalah 40%.

  8. Cost-Per-Acquisition (CPA)
    Atau Biaya per akuisisi (BPA) adalah kembali pada model investasi dimana pengembalian diukur dengan membagi total klik / biaya pemasaran dengan jumlah Konversi dicapai. Jumlah biaya perolehan / jumlah konversi = BPA. BPA juga digunakan sebagai sinonim untuk Biaya-Per-Aksi.

  9. Cost-Per-Action (CPA)
    Dalam sistem pendapatan iklan biaya per tindakan, pengiklan dikenakan biaya berbasis Konversi, yaitu setiap kali pengguna membeli produk, membuka rekening, atau permintaan ujicoba. BPA juga dikenal sebagai biaya per akuisisi, meskipun istilah biaya per akuisisi dapat membingungkan karena juga mengacu kembali pada model investasi.

  10. Cost-Per-Click (CPC)
    Juga dikenal sebagai bayar per-klik atau bayar-untuk-kinerja, biaya per-klik adalah sistem pendapatan iklan yang digunakan oleh mesin pencari dan jaringan iklan di mana perusahaan iklan membayar jumlah yang disepakati untuk setiap klik iklan mereka. Klik-Melalui struktur pembayaran berbasis Rate dianggap oleh beberapa pengiklan untuk lebih hemat biaya daripada struktur pembayaran Biaya-Per-Thousand, tetapi kadang-kadang dapat menyebabkan Klik Penipuan.

  11. Guest Post
    Teknik Tanam Backlink dengan cara membuat artikel di website orang, dengan menyertakan achor text(backlink) pada konten yang di optimasi

  12. GSA SER
    Merupakan tool auto backlink atau membuat backlink secara otomatis dengan menentukan jenis penanam backlink nya.

  13. Spinner Tool
    Merupakan tool untuk men-spin atau membolak balik kan kata berdasarkan sinonim kata pada konten yang di tentukan

  14. blog dummy
    Teknik membuat blog bayangan yang berguna untuk menyisipkan backlik cotextual di dalam artikel untuk mendukung moneysite

  15. Backlink Profile
    Mencari backlink dengan cara memasukan link moneysite pada signature atau pun dari kolom profil username pada suatu website

Sumber: bersosial.com

Print Friendly, PDF & Email
Advertisements

Leave a Reply